Apa itu "Ping" dan Bagaimana Pengaruhnya terhadap Internet?


Jika Anda telah menjelajahi Web cukup lama atau suka bermain game multi-pemain, Anda mungkin telah menemukan istilah "ping". Anda mungkin sudah tahu bahwa semakin rendah ping, semakin baik koneksi Anda. Tapi apa sebenarnya "ping" itu? Apa artinya di dunia komputasi, dan mengapa ia memiliki nama yang aneh?

Dari mana asal nama itu?

Ada beberapa teori bahwa "ping" sebenarnya adalah akronim, dan beberapa mengatakan itu singkatan dari "Packet Internet atau Inter-Network Groper." Tetapi tidak ada yang benar-benar substansial untuk mengatakan bahwa ping berarti sesuatu.
Yang disetujui semua orang adalah namanya berasal dari suara yang dihasilkan sonar ketika mendeteksi kapal lain. Ini adalah istilah yang bagus, karena memberikan penjelasan singkat tentang bagaimana ping bekerja di dunia komputasi!

Apa Yang Dilakukan Ping?

Ketika komputer mengirim ping ke komputer atau server lain, ia mencoba menyelesaikan dua hal. Pertama, memeriksa untuk melihat apakah komputer atau server dapat menangani komunikasi . Kedua, jika target mampu berkomunikasi, mengukur berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menerima balasan.

Memeriksa Status Server


Menggunakan ping untuk memeriksa status server sangat berguna ketika mencoba menyelesaikan masalah jaringan. Jaringan biasanya terdiri dari banyak server yang berbeda. Jika salah satu dari mereka turun atau bertindak lambat, itu dapat mencegah Anda terhubung ke server yang ingin Anda akses. Lebih buruk lagi, akan ada sangat sedikit umpan balik di server mana, tepatnya, yang menyebabkan masalah!
Dengan melakukan ping dari komputer Anda ke server target, Anda dapat melihat langkah-langkah yang diambil komunikasi Anda saat melakukan perjalanan. Jika komunikasi "naik" pada bagian tertentu, komputer Anda akan memberi tahu Anda bahwa sinyal hilang. Ini berarti Anda dapat mendiagnosis langkah perjalanan yang memburuk dan dapat memperbaiki masalahnya.

Memeriksa Waktu Respons


Jika server sudah berbicara dengan komputer Anda dengan baik, tes ping dapat memberi tahu Anda seberapa cepat koneksi Anda. Ini biasanya diukur dalam milidetik, itulah sebabnya ping biasanya menampilkan kecepatannya dalam "ms." Semakin rendah angka ini, semakin cepat komunikasi antara Anda dan server. Sebagai contoh, ping 25ms lebih cepat daripada ping 120 ms.
Ini sangat berguna dalam permainan video di mana setiap pemain berbicara dengan server pusat. Server menyimpan semua informasi tentang permainan saat ini dan memberi tahu para pemain apa yang terjadi. Para pemain merespons dengan memberi tahu server gerakan apa yang ingin mereka buat.
Jika ping terlalu tinggi, komputer Anda perlu waktu untuk mengirim dan menerima informasi dari server. Ini berarti pemain tidak akan mentransmisikan gerakan mereka sebelum pemain lain, dan mereka akan melihat sesuatu terjadi lebih lambat dari pemain lain. Ini kemudian menciptakan kondisi permainan yang tidak diinginkan di mana orang-orang dengan ping tinggi tidak dapat bereaksi terhadap apa yang terjadi dalam permainan secepat pemain lain.

Belum ada Komentar untuk "Apa itu "Ping" dan Bagaimana Pengaruhnya terhadap Internet?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel