Tips Untuk Pemasaran Instagram dan SEO untuk Bisnis Anda



Instagram bukan lagi sebuah platform hanya untuk kesenangan paruh waktu. Ini telah membuka cara baru pemasar untuk bisnis saat ini.Pada 20 Juni 2018, Instagram mengumumkan dalam acara in-house yang telah dicapai 1 miliar pengguna aktif bulanan setelah melewati 800 juta pada September 2017 dengan 500 juta pengguna setiap hari.

Namun, terlepas dari ini, juga benar bahwa beberapa perusahaan mengalami kesulitan mengadaptasi platform foto-gimmick baru. Tetapi, faktanya, Instagram dapat menjadi platform yang bagus untuk tujuan SEO (Search Engine Optimization), dan untuk mencapai tujuan pemasaran Anda. Instagram juga telah meluncurkan beberapa fitur baru, termasuk kisah-kisah Instagram dan platform IGTV baru, yang dapat sangat berguna bagi pengusaha maupun pemasar.

Yang perlu Anda lakukan adalah membuat strategi Instagram yang mematikan, yang pasti akan membantu Anda mencapai tujuan SEO Anda.Beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk proses SEO menggunakan platform Instagram dapat dibaca di poin-poin berikut.

1. Lengkapi Profil Anda di Instagram

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melengkapi profil merek Anda di Instagram.Sertakan logo perusahaan Anda atau gambar yang dengan sempurna mewakili perusahaan Anda di gambar profil. Selain itu, tambahkan bio dan tautan situs web di perusahaan Anda. Mungkin saja orang tidak mengunjungi situs web Anda secara instan, tetapi karena Anda akan terus menambahkan posting yang menarik, kemungkinan orang mengunjungi situs web Anda akan meningkat.

2. Tambahkan Posting yang Menarik

Ada beberapa cara untuk melibatkan pengguna dalam posting Anda. Anda dapat memposting ulang foto; suka dan komentari foto orang lain;balas komentar pengguna pada posting Anda;tambahkan gambar acara perusahaan Anda, layanan Anda, pekerja yang sedang beraksi, hasil dari layanan Anda; dan ada sejumlah opsi lain yang dapat Anda gunakan untuk melibatkan pemirsa.

Misalnya, jika Anda seorang dokter gigi, Anda dapat menambahkan foto gigi sebelum dan sesudah perawatan, seperti yang dapat Anda lihat di profil Instagram bernama @teethbeforeafter.Demikian pula, Anda dapat melihat postingan @isdentalcare, di mana Anda dapat melihat dokter gigi sedang bekerja.

Tapi, perlu diingat, selalu memposting seperti ini mungkin tidak cukup, dan Anda perlu menambahkan hal-hal, yang harus mempertahankan kepentingan pengguna. Anda dapat menemukan sejumlah contoh acara perusahaan di Instagram.

3. Isi Konten untuk Hadiah

Hosting kontes adalah cara yang menonjol untuk melibatkan audiens dan mempromosikan bisnis atau praktik, dan Instagram telah terbukti menjadi platform yang sangat baik untuk kontes.

Anda hanya diharuskan menginvestasikan sedikit uang untuk memberikan sejumlah hadiah khusus kepada para kontestan di Instagram, dan itu akan membantu Anda mendapatkan ribuan pengikut, yang dapat berpaling kepada klien atau pelanggan Anda kapan saja. Hosting kontes untuk hadiah berarti meningkatkan pengaruh Instagram Anda.

Anda harus ingat bahwa Instagram adalah platform berbasis gambar, dan pengguna ada di sini untuk menikmati beberapa foto luar biasa dalam umpan mereka. Jadi, posting Anda akan berbasis foto. Foto Anda harus menarik dan pastikan itu menarik. Instagram juga mendukung video kecil, sehingga Anda dapat menggunakan video juga untuk kontennya.

Kontes dapat dijalankan di feed Instagram serta bagian cerita.

4. Kata Kunci Penelitian dan Tagar

Apa kata kunci dan tagar yang digunakan di Instagram, itu juga harus diperhatikan, karena ini adalah aspek, yang membantu Anda dalam menjangkau audiens yang tepat. Biasanya, alat-alat seperti Google Keyword Planner digunakan dalam proses SEO untuk mengetahui kata kunci.Tapi, Anda perlu menyimpan beberapa pendekatan yang berbeda dalam kasus Instagram.

Tentu saja, Anda dapat menggunakan beberapa kata kunci sebagai kata kunci Instagram untuk digunakan dalam posting, atau sebagai tagar (dengan menggabungkan kata-kata dan menambahkannya setelah simbol #), tetapi, itu tidak cukup. Alasannya adalah orang menggunakan dan mencari Instagram dengan pola pikir yang sama sekali berbeda. Mereka benar-benar mencari gambar atau video kecil di Instagram dan menggunakan kata kunci yang sesuai.

Kekuatan utama Instagram adalah dukungan hashtagnya tanpa berpikir dua kali. Anda dapat mencari sesuai dengan kriteria yang berbeda ketika Anda mencari kata kunci.

Pertama, Anda dapat menggunakan kata-kata atau kombinasi kata-kata, yang paling menentukan produk, layanan, atau posting Anda.

Pilihan lain adalah beberapa kata kunci yang trendi. Kata kunci trendi mana pun yang Anda rasa sesuai dengan posting Anda, Anda dapat menggunakannya dan dapat menarik audiens yang tepat. Misalnya, Anda dapat menambahkan kata kunci yang trendi di pos restoran karena Anda dapat melihat pos Tahun Baru Arabella Hotel & Spa, di mana ia mengundang orang ke restorannya. Selain dari tagar terkait, tagar trendi seperti #family, #travel dll juga telah digunakan.Demikian pula, Anda dapat menggunakan tagar yang sesuai di posting Anda jika Anda memiliki beberapa bisnis lain juga

Terlepas dari yang disebutkan di atas, ada tagar trendi, yang diluncurkan untuk menampilkan beberapa pencapaian besar atau kecil dari industri. Mereka meminta untuk menambahkan tagar khusus untuk mendapatkan fitur di akun mereka, dan dengan menggunakan tagar tersebut, Anda bisa mendapatkan perhatian khalayak luas. Misalnya, di profil@teethbeforeafter, Anda dapat melihat deskripsi sebagai "Gunakan tag #teethbefore untuk ditampilkan". Dalam posting profil ini, Anda dapat melihat repost dari sejumlah profil dokter gigi yang telah menyebutkan tagar ini dalam posting mereka bersama dengan nama profil mereka.

Tagar dengan nama negara, kota, negara bagian, dll. Juga ditambahkan oleh banyak pengguna, yang sangat membantu untuk mendapatkan perhatian acak dari orang-orang yang suka menjelajahi pos-pos tempat.

Ketika posting Anda mulai menjadi populer, beberapa dari mereka muncul di hasil pencarian Google atau Bing, yang dapat membantu Anda dalam pertumbuhan bisnis Anda. Hal lain adalah bahwa profil populer mendapatkan klik pada nama situs web mereka, yang meningkatkan lalu lintas situs web Anda, yang juga membantu dalam meningkatkan visibilitas situs web Anda.

5. Gunakan Cerita Instagram

Instagram Stories - ini adalah fitur yang diluncurkan oleh Instagram pada 2 Agustus 2016, yang diambil oleh Instagram dari kompetitornya Snapchat. Jadi, Instagram bukan yang pertama meluncurkan cerita, tapi tetap saja, itu meraih sukses besar.

Menurut Kurt Wagner dari Recode, 'Stories' adalah langkah paling cerdas Instagram. Kurt mengatakan dalam artikelnya, “Instagram telah mengubah ide curian menjadi hit besar.” Dari waktu ke waktu, Instagram meluncurkan sejumlah pembaruan di Stories, yang tentunya bermanfaat bagi pengusaha.

#Penggunaan Dasar Cerita Instagram

Cerita Instagram muncul di bar di bagian atas umpan. Anda dapat melihat ceritanya dengan masuk ke profil. Setiap kali seseorang membagikan sesuatu yang baru, cincin warna-warni muncul di sekitar foto profil. Dengan mengetuk foto profil, Anda dapat melihat ceritanya.

Anda dapat berbagi gambar, video 15 detik, teks, dan umpan Instagram ke dalam cerita. Lebih dari satu cerita dapat dibagikan dalam satu pos, dan cerita tersebut memiliki opsi untuk menyebutkan seseorang untuk menarik perhatiannya terhadap mereka; dan untuk menambahkan tagar, lokasi, dan lainnya. Jika akun Instagram Anda terhubung ke Facebook, maka Anda dapat langsung membagikan cerita-cerita Instagram ke cerita-cerita Facebook (kecuali ketika Anda membagikan beberapa pos internal Instagram ke cerita tersebut). Ada beberapa fitur dalam cerita Instagram, yang telah diluncurkan untuk tujuan bisnis, yang akan disebutkan selanjutnya.

#Instagram Stories for Businesses

Memahami penggunaan bisnis Instagram, platform telah memulai beberapa fitur, yang menguntungkan bagi para pengusaha. Salah satu fiturnya adalah Stiker Cerita Instagram. Anda dapat menambahkan lokasi, cuaca dll dengan bantuan stiker, tetapi untuk pelaku bisnis, hal yang penting adalah survei yang dapat mereka ambil melalui opsi stiker. Ini dapat dilakukan dengan bantuan stiker pertanyaan.

Sekarang, opsi belanja juga dapat ditambahkan ke cerita Instagram. Menurut survei Instagram sendiri, “42% wanita di Instagram yang disurvei di AS mengatakan mereka suka berbelanja dan menganggapnya sebagai hobi.”

Semua opsi ini sempurna untuk meningkatkan lalu lintas di situs web Anda.

6. Pemasaran melalui Influencer

Metode yang sangat baik untuk mempromosikan bisnis di Instagram adalah berhubungan dengan influencer untuk mendorong pengiriman pesan merek Anda. Selebriti, blogger terkenal, atau orang-orang yang sangat terhubung bisa menjadi influencer. Jadi, temukan influencer dan pilih siapa yang cocok untuk niche Anda. Jangkau mereka dan tanyakan apakah mereka tidak keberatan memposting konten untuk biaya atau merchandise gratis untuk membantu meningkatkan SEO Anda.

Pemasaran influencer tidak diragukan lagi merupakan salah satu metode paling efektif untuk mempromosikan bisnis atau praktik Anda melalui Instagram dan untuk meningkatkan SEO.

Untuk menyimpulkan

Instagram tidak diragukan lagi platform yang sangat baik untuk mempromosikan bisnis dan untuk meningkatkan SEO. Anda dapat menggunakan metode yang disebutkan di atas untuk mempromosikan bisnis atau praktik Anda di Instagram.

Namun, pemasaran Instagram adalah hal yang krusial dan harus dilakukan dengan cara yang bisa memberi Anda hasil saat Anda berinvestasi di dalamnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel